Pages


Spesies Siput Transparan Baru Ditemukan di Bawah Tanah

Sebuah spesies siput baru dengan cangkang yang indah dan tembus pandang baru-baru ini ditemukan di bawah tanah sebuah gua di Kroasia dengan kedalaman 914 meter.

Sebuah tim yang beranggotakan para penjelajah gua dan ahli biologi dari Croatian Biospeleological Society menemukan spesies Zospeum tholussum di sistem gua Lukina Jama-Trojama, sebelah barat Kroasia - salah satu dari 20 sistem gua terdalam di dunia - dalam sebuah ekspedisi untuk menentukan kedalaman gua.

Tim tersebut mengumpulkan semua spesimen hewan yang mereka temukan selama penelusuran, karena celah-celah gua dalam sering kali menjadi tempat yang tepat untuk menemukan spesies baru. Mereka menemukan seekor siput dari spesies baru yang masih hidup, bersama dengan delapan cangkang siput yang sudah mati.

Tim kemudian memberikan siput yang cantik itu kepada ahli taksonomi Alexander Weigand di Goethe-University, Frankfurt, Jerman untuk membantu mengidentifikasinya. Weigand menyimpulkan bahwa spesies siput tersebut belum pernah ditemukan sebelumnya, namun memiliki hubungan dengan beberapa spesies lainnya yang sudah pernah ditemukan.

Siput jenis baru tersebut dan beberapa spesies lainnya yang masih berhubungan bergerak dengan sangat lambat, bahkan jika dibandingkan dengan standar siput.

“Siput ini hanya merayap beberapa milimeter atau sentimeter dalam sepekan, dan sering kali hanya berputar, dengan berputar-putar di satu titik tempat mereka hidup,” ujar Weigand.

Weigand menduga siput tersebut berpindah menggunakan aliran air atau menempel di tubuh satwa gua lainnya, seperti kelelawar atau jangkrik, untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan lebih efisien.

Spesies siput baru tersebut pada pekan ini diuraikan dalam jurnal Subterranean Biology.

sumber : http://id.berita.yahoo.com/spesies-siput-transparan-baru-ditemukan-di-bawah-tanah-111922612.html

Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar